Gowa Siap Jadi Lokasi Baru TPA Regional Mamminasata, Ini Syaratnya

Selasa, 23 Maret 2021 22:25 WIB

Share
Gowa Siap Jadi Lokasi Baru TPA Regional Mamminasata, Ini Syaratnya

MAKASSAR, POSKOTA.CO.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyampaikan kesanggupan Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai lokasi baru Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Mamminasata. Adnan pun menyebutkan syarat yang harus dipenuhi jika Kabupaten Gowa menjadi lokasi TPA tersebut.

Menurutnya, penanganan sampah di Kawasan Strategis Nasional Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar) memerlukan kesepakatan dan sinergitas bersama. Termasuk kesepakatan yang berkaitan lokasi baru TPA Regional Mamminasata.

"Ketika kita berbicara penanganan sampah di Kawasan Maminasata, maka empat wilayah ini harus menyepakati berkaitan lokasi TPA regional Mamminasata. Berkaitan dengan sinergitas, maka kami di Kabupaten Gowa siap menempatkan TPA regional Mamminasata di wilayah Kabupaten Gowa," ujar Adnan saat menjadi pembicara pada Dialog Interaktif Sinergi Kepala Daerah dalam Pengelolaan Sampah di Kawasan Strategis Nasional Mamminasata.

Lebih lanjut Adnan mengakui jika lokasi TPA Regional sebelumnya yang ditunjuk oleh Pemprov Sulawesi Selatan di Kabupaten Gowa yaitu di wilayah Kecamatan Pattallassang, masuk aset PTPN yang hingga saat ini belum selesai status lahannya. Sehingga pihaknya siap jika Pemprov menunjuk lokasi baru di Kabupaten Gowa, dengan syarat harus memakai teknologi modern sehingga tidak menimbulkan bau.

"Jadi kalau Pemerintah Provinsi mau kembali membangun TPA Regional Mamminasata ini, maka Pemprov harus memanggil empat kabupaten kota ini untuk duduk bersama dalam rangka penanganan sampah, dimana saja tempatnya, kalau Gowa kami siap yang penting memakai teknologi modern sehingga tidak menimbulkan bau," ungkapnya pada Selasa (23/3/2021) di Hotel Claro Makassar.

Dalam dialog yang digelar oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Selatan itu, Adnan berharap ada kesepakatan yang terjalin bersama empat kabupaten kota dalam rangka penanganan sampah tersebut. Tujuannya agar diperoleh titik temu penyelesaian.

Sementara terkait penanganan sampah khusus di Kabupaten Gowa, Adnan menyebutkan pihaknya telah mengeluarkan sejumlah Peraturan. Termasuk pula memiliki armada dan fasilitas pengelolaan sampah hingga di desa.

Namun diakuinya jika pengelolaan sampah memerlukan keterlibatan semua pihak termasuk komunitas pemerhati lingkungan dan masyarakat. Termasuk mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Pemerintah tidak akan menutup diri semakin banyak yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa, maka kami semakin terbantu untuk melakukan penanganan sampah dan proses edukasi kepada masyarakat juga berjalan dengan baik," pungkasnya.

Reporter: Asyhar.

Reporter: Admin Sulsel
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler