Pemkab Maros Siapkan Dana Rp 4,5 Miliar Untuk Gaji Guru Non ASN

Selasa, 6 April 2021 18:00 WIB

Share
Pemkab Maros Siapkan Dana Rp 4,5 Miliar Untuk Gaji Guru Non ASN

MAROS, POSKOTA.CO.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Maros menyerahkan gaji guru Non Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat PAUD, SD dan SMP.

Dimana pemberian gaji ini diperuntukkan bagi tenaga pendidik non ASN yang tidak digaji melalui dana BOS dan tidak terdaftar dalam dapodik.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan salah satu upaya menyukseskan program 100 hari pemerintahannya pihaknya menyalurkan gaji bagi tenaga pendidik PAUD, SD dan SMP. Dimana kesejahteraan guru menjadi salah satu programnya.

"Sumber dana APBD yang disiapkan tahun ini sekitar Rp3 M untuk guru PAUD dan guru SD dan SMP sebesar Rp1,5 Miliar," jelasnya.

Lebih jauh, Chaidir mengemukakan pemberian gaji bagi tenaga guru PAUD dan non ASN ini untuk meningkatkan pendapatan dan motivasi para guru honor dalam menjalankan tugasnya.

"Kita berharap dengan adanya upah atau gaji yang diberikan bisa lebih mereka untuk mengabdi dan menjalankan tugasnya dengan baik. Karena pendidik bukan sekadar pekerjaan atau profesi tapi benar-benar menjadi pendidik yang berakhlak mulia," harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, H Takdir menjelaskan ada sekitar 957 tenaga guru PAUD, SD dan SMP yang mendapat gaji atau upah.

"Jadi sekitar 957 tenaga guru yang mendapat gaji atau upah. Mereka diantaranya 725 guru PAUD, SD 162 orang, dan SMP 70 orang," jelasnya.

Adapun persyaratan guru yang boleh terima gaji kata Takdir menambahkan, yakni guru yang tidak terdaftar didapodik, guru yang lokasi sekolah terjauh, guru yang sekolahnya punya siswa di bawah 50 orang, khusus untuk PAUD semua guru non PNS.

"Ada beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan gaji atau upah itu, yakni tidak terdaftar didapodik dan lokasi sekolah terjauh," katanya

Halaman
Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler