Pertama di Eropa, Perancis Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

Minggu, 25 April 2021 22:15 WIB

Share
Pertama di Eropa, Perancis Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

MAKASSAR, POSKOTA.CO.ID - Negara Perancis melakukan terobosan baru dengan menguji paspor digital untuk perjalanan internasional yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini.

Perancis menjadi negara pertama di Eropa yang meluncurkan paspor kesehatan digital bernama TousAntiCovid untuk perjalanan.

Dilansir dari Kompas.com berdasarkan laporan Le Monde, TousAntiCovid tengah diuji coba untuk penerbangan ke Corsica, wilayah Perancis di Mediterania. Aplikasi ini diharap akan diperluas untuk mencakup sertifikat vaksin pada 29 April 2021.

Paspor kesehatan digital akan diperluas ke penerbangan internasional. Bahkan, paspor dapat digunakan untuk hal-hal seperti festival dan konser, tetapi tidak untuk bar dan restoran.

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan kepada CBS Face the Nation, rencananya adalah untuk mencabut pembatasan secara progresif. Ide paspor ini pun muncul. Menurut Macron bahwa dia ingin melonggarkan pembatasan perjalanan internasional pada musim panas tahun ini.

"Termasuk untuk orang Amerika yang telah divaksinasi Covid-19," katanya, Minggu (18/4/2021).

Ke depan, siapa pun yang mendapatkan tes Covid-19 di Perancis akan menerima SMS atau email dengan akses ke dokumen online bersertifikasi negara.

Adapun, The Guardian melaporkan bahwa dokumen tersebut nantinya dapat dicetak atau disimpan dalam aplikasi TousAntiCovid.

Pekan depan, hal yang sama berlaku bagi mereka yang divaksinasi. Aplikasi ini kemudian akan menghasilkan kode QR yang aman.

Reporter: Arika
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler