Fosil Tertua Dinosaurus Ditemukan di Argentina

Minggu, 2 Mei 2021 10:48 WIB

Fosil Tertua Dinosaurus Ditemukan di Argentina

ARGENTINA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Fosil Titanosaurus yang ditemukan di Argentina disinyalir kuat merupakan yang tertua di dunia.

Para ilmuwan belum lama ini mengungkapkan, spesies Dinosaurus terbesar itu hidup di kawasan yang sekarang disebut Patagonia sekitar 140 juta tahun yang lalu, tepatnya pada awal periode Cretaceous.

Kadal setinggi 20 meter dengan nama latin Ninjatitan zapatai itu ditemukan pada 2014 di Neuquen, Argentina.

"Pentingnya fosil ini, selain sebagai spesies baru Titanosaurus, adalah yang tertua tercatat untuk kelompok ini di seluruh dunia," kata peneliti Pablo Gallina dari dewan ilmiah Conicet.

Melansir AFP, Titanosaurus termasuk kelompok Sauropoda, kadal raksasa pemakan tumbuhan dengan leher dan ekor panjang, yang kemungkinan adalah hewan terbesar di Bumi sampai sekarang.

Pernyataan tadi melanjutkan, Titanosaurus berarti hidup lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Ia hidup pada awal era Creatceous yang berakhir dengan matinya Dinosaurus sekitar 66 juta tahun lalu.

"Fosil dari 140 juta tahun lalu ini benar-benar sangat langka," kata Gallina yang juga penulis utama dari studi yang diterbitkan jurnal ilmiah Argentina, Ameghiniana.

Nama latin Titanosaurus dibuat mengikuti julukan El Ninja yang melekat pada Paleontologi Argentina Sebastian Apesteguia, dan teknisi Rogelio Zapata.

Sumber : AFP, Kompas

Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar