Guru yang Lumpuh Setelah Divaksin Covid-19 Mulai Membaik, Ternyata Menderita GBS

Senin, 3 Mei 2021 23:58 WIB

Share
Guru yang Lumpuh Setelah Divaksin Covid-19 Mulai Membaik, Ternyata Menderita GBS

JAKARTA, POSKOTASULSEL.CO.ID – Seorang guru di Sukabumi, Jawa Barat, yang lumpuh usai menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua, Susan (31), kondisinya mulai membaik. Susan saat dirawat di rumah sakit diketahui ternyata menderita penyakit Guillain-Barre Syndrome (GBS).

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI), Hindra Irawan Satari, menyebut jika pihaknya telah melakukan investigasi. Guru Susan yang dirawat di RSHS Bandung didiagnosis menderita GBS tapi berangsur pulih dan sudah pulang.

"Kita sudah audit dari hari Jumat 23 April lalu dengan Komda Jawa Barat, mereka melakukan investigasi. Kemudian bu guru dirawat di RSHS Bandung, jadi diagnosis dokter itu GBS. Tapi bu guru berangsur sembuh dan sudah pulang, dan minggu ini akan kontrol," papar Hindra Irawan Satari, Senin (3/5/2021).

GBS merupakan penyakit yang terjadi pada sistem imun dan menyerang saraf-saraf tubuh. Penyakit ini masuk dalam kategori autoimun.

Penderita autoimun sendiri pernah menjadi salah satu kategori yang tidak bisa mendapatkan vaksin. Namun, dalam skrining vaksinasi pemerintah yang direvisi pada 19 Maret lalu, disebutkan individu dengan penyakit autoimun laik mendapatkan vaksinasi jika penyakitnya dinyatakan stabil sesuai rekomendasi dokter merawat.

Untuk itu, Hindra menyebut susah dalam memastikan individu memiliki penyakit autoimun atau tidak saat skrining vaksinasi Covid-19. Sebab, penyakit GBS tak memiliki gejala.

"Tidak bisa skrining GBS itu, karena tidak ada gejala," katanya.

Lebih lanjut, Hindra memastikan kondisi Susan terpantau sudah mulai membaik. Menurutnya, Susan telah pulang dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sejak Jumat (23/4) lalu.

Hindra menyebut penderita GBS usai disuntik vaksin Covid-19 di Indonesia baru dialami oleh Susan. Ia mengatakan masih perlu banyak data untuk memastikan apakah GBS merupakan efek vaksinasi Covid-19 atau tidak.

"Bu Guru sudah membaik, mudah-mudahan kita berdoa dapat 100 persen pulih," katanya.

Halaman
Reporter: Admin Sulsel
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler