Gojek-Tokopedia Gabung, Nama Barunya GoTo Group

Senin, 17 Mei 2021 13:35 WIB

Share
Gojek -Tokopedia bergabung
Gojek -Tokopedia bergabung

JAKARTA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Gojek dan Tokopedia secara resmi mengumumkan penggabungan (merger) kedua perusahaan. 

Nama baru hasil penggabungan dua perusahaan itu yakni GoTo Group.

GoTo Group akan menjadi startup terbesar di Indonesia dari sisi valuasi yang menggabungkan bisnis jasa transportasi, logistik, pengiriman makanan, jasa keuangan, hingga e-commerce.

"Ekosistem GoTo mencakup 2% dari PDB Indonesia akan berkembang, melayani 270 juta konsumen Indonesia serta pasar lain yang tumbuh cepat dan berkembang di Asia Tenggara," ungkap GoTo Group dalam keterangan resminya, Senin (17/5/2021). Indonesia sendiri memiliki PDB lebih dari US$1 triliun.

Kesepakatan didukung oleh investor besar termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital India, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Berdasarkan penggalangan dana yang telah dilakukan perusahaan, Gojek dan Tokopedia telah mengumpulkan dana investor sebesar US$18 miliar.

Pada 2020, total nilai transaksi bruto Grup (GTV) sudah lebih dari US $ 22 miliar pada tahun 2020. Lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020. Total armada pengemudi terdaftar lebih dari dua juta pada Desember 2020. Lebih dari 11 juta mitra pedagang per Desember 2020. Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU).

Dalam penggabungan kedua startup raksasa ini. Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan Gojek.Davis Polk & Wardwell LLP and Assegaf Hamzah & Partners sebagai penasihan Gojek. Citi bertindak sebagai penasihat keuanganTokopedia. Allen & Overy LLP sebagai penasihat hukum Tokopedia.

Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: CNBC Indonesia
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler