Puasa Syawal Setara Satu Tahun Pahala, Keutamaan Luar Biasa dari Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

Selasa, 18 Mei 2021 06:10 WIB

Share
Puasa Syawal Setara Satu Tahun Pahala, Keutamaan Luar Biasa dari Puasa Enam Hari di Bulan Syawal
Ilustrasi Puasa Syawal

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID –

Umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Syawal atau lebih dikenal dengan puasa syawal, setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Puasa syawal termasuk puasa sunnah yang sangat dianjurkan dan pelaksanaannya setelah hari raya Idul Fitri selama enam hari. Ada yang berpendapat jika puasa syawal sebaiknya dilaksanakan tanggal 2 hingga tanggal 7 Syawal.

Keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal adalah untuk menyempurnakan pahala puasa Ramadan menjadi setahun penuh. Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut :

“Barang siapa yang berpuasa Ramadan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, ia akan mendapatkan pahala seperti setahun penuh.” (HR Muslim)

Perlu diperhatikan jika puasa Syawal tidak boleh dikerjakan pada saat Idul Fitri. Hal ini dijelaskan dalam Hadist Rasulullah SAW diriwayatkan dari Umar bin Khattab.

“Ini adalah dua hari raya yang Rasulullah melarang puasa di hari tersebut. Hari raya Idul Fitri setelah kalian berpuasa dan hari lainnya tatkala kalian makan daging kurban (Idul Adha)."

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar