Kapasitas TPA Maros Tak Mampu Lagi Menampung Produksi Sampah Warga

Kamis, 20 Mei 2021 09:41 WIB

Share
Ilustrasi TPA over kapasitas (Int)
Ilustrasi TPA over kapasitas (Int)

MAROS, POSKOTASULSEL.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros berencana memperluas tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Bonto Matene, Kecamatan Mandai.

Hal itu dilakukan karena luas TPA saat ini sudah tak mampu lagi menampung produksi sampah warga.

Luas TPA milik Pemkab Maros saat ini mencapai 10 hektare. Rencananya, luas TPA itu akan ditambah 2 hektare lagi untuk menampung produksi sampah, minimal untuk 2 tahun mendatang. 

"TPA yang ada saat ini sudah hampir penuh dan akan habis sampai tahun depan. Makanya kita rencanakan menambah lahan TPA seluas 2 hektare, " kata Bupati Maros, Chaidir Syam.

Lebih lanjut, Chaidir menyebut, pihaknya tengah mempersiapkan proses pembebasan lahan warga sesuai harga yang akan ditentukan oleh apraisal. 

Lahan yang disiapkan untuk TPA itu, kata dia, juga jauh dari pemukiman warga. 

Saat ini, kata mantan Ketua DPRD Maros itu kapasitas TPA di Bonto Matene sudah tidak mampu lagi menampung produksi sampah warga Maros yang mencapai 300 ton per bulan atau sekitar 10 ton per harinya. 

"Untuk lahannya sudah ada dan dalam proses, tinggal kita bebaskan. Harga pembebasannya sudah diberikan tim apraisal," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, aktivis lingkungan, Iwan Dento mengatakan, program penanggulangan dan penanganan sampah seharusnya diubah dari pola pemindahan sampah dari rumah ke TPA, menjadi pengolahan sampah menjadi produk baru. 

"Paradigma kita harusnya diubah dulu dalam hal penanganan sampah ini. Kalau hanya memindahkan, menurut saya bukan solusi jangka panjang. Harusnya kita berfikir bagaimana sampah ini diolah menjadi produk baru," sebut Iwan. 

Halaman
Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler