Zona Merah Bertambah Menjadi 10 Kabupaten/Kota, Satgas Penanganan Covid-19 Imbau Masyarakat Tingkatkan Kesiagaan

Rabu, 26 Mei 2021 18:16 WIB

Share
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Handover)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Handover)

JAKARTA,POSKOTASULSEL.CO.ID – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, menyebut jika daerah yang masuk zona merah (risiko tinggi) meningkat menjadi 10 kabupaten/kota. Untuk itu menurutnya peningkatan kesiagaan mendesak dilakukan segera oleh 10 kabupaten/kota ini.

Kesepuluh daerah ini sudah berada di zona merah, bahkan sebelum periode Idul Fitri. Kesepuluh kabupaten/kota dimaksud tersebar pada 7 provinsi. Rinciannya yaitu di Agam dan Kota Payakumbuh (Sumatera Barat), Deli Serdang (Sumatera Utara), Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru (Riau), Kota Cirebon (Jawa Barat), Kota Jambi dan Tanjung Jabung Barat (Jambi), Kota Palembang (Sumatera Selatan) dan Wonogiri (Jawa Tengah).

"Dengan kondisi ini bukan tidak mungkin kabupaten/kota ini akan kewalahan menghadapi kemungkinan kenaikan kasus yang berpotensi terjadi dalam 2 hingga 3 minggu ke depan," kata Wiku dalam keterangannya Rabu (26/5/2021).

Wiku pun menyebut jika bertambahnya zona merah minggu ini sangat disayangkan. Karena pada minggu sebelumnya zona merah sebanyak 7 kabupaten/kota.

Untuk itu sangat diharapkan pemerintah daerah dan rumah sakit pada 10 daerah itu dituntut kesiagaan agar dapat mengantisipasi lonjakan kasus yang dapat terjadi karena dampak yang ditimbulkan dari libur lebaran Idul Fitri.

Disamping itu, pada perkembangan zona kuning (risiko rendah) jumlahnya meningkat dari 177 menjadi 194 kabupaten/kota. Sementara pada zona hijau tidak ada kasus baru jumlahnya menurun dari 8 menjadi 7 kabupaten/kota dan zona hijau tidak terdampak jumlahnya tetap 1 kabupaten/kota.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler