Kapal Pengebom Rusia Tiba di Suriah

Kamis, 27 Mei 2021 06:54 WIB

Share

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID -- Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan para awak pesawat pengebom strategis Tupolev-22M3 yang tiba di pangkalan udara Hmeimim di Suriah, melakukan latihan penerbangan di perairan Laut Mediterania pada Rabu (26/5/21).

Seperti dilansir kantor berita TASS, tiga pengebom strategis jarak jauh Tupolev-22M3 mendarat di pangkalan udara Hmeimim pada Selasa (25/5/21) malam.

Menurut keterangan Kemenhan Rusia, para awak Tu-22M3 telah menyelesaikan tugas-tugas untuk menguasai wilayah udara di perairan Laut Mediterania. Mereka telah melakukan latihan penerbangan di kawasan.

“Para pilot memperoleh keterampilan praktis di wilayah geografis baru,” ujarnya.

Tupolev-22M3 dikerahkan di pangkalan udara Hmeimim untuk pertama kalinya setelah perluasan landasan pacu serta pemasangan fasilitas navigasi penerangan baru dan peralatan teknis radio.

Sekarang semua jenis pesawat yang beroperasi di Angkatan Bersenjata Rusia dapat melakukan penerbangan dari pangkalan udara Hmeimim, termasuk pesawat berat.

“Setelah melakukan latihan penerbangan di perairan Mediterania, pesawat pengebom jarak jauh akan kembali ke pangkalan udara mereka di Rusia,” kata pernyataan tersebut.

Pangkalan Hmeimim adalah fasilitas penting bagi kehadiran Rusia di Suriah.

Moskow sedang mencoba untuk memperluas pengaruh geopolitik dan militernya di seluruh wilayah Mediterania.

Kehadiran pengebom Rusia yang dilengkapi dengan rudal bersayap di Hmeimim, dapat membahayakan target di Eropa dan menyerang pasukan angkatan laut musuh jika terjadi konflik.

Editor: M Azzam Fatih
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler