Bupati Adnan: Stunting di Gowa Harus Menurun Bahkan Menghilang

Jumat, 28 Mei 2021 08:29 WIB

Share
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, tanda tangani komitmen bersama pelaksanaan percepatan, pencegahan dan penanganan stunting.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, tanda tangani komitmen bersama pelaksanaan percepatan, pencegahan dan penanganan stunting.

GOWA, POSKOTASULSEL – Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Gowa di Malino Highlands, Kecamatan Tinggimoncong, Kamis (27/5/2021). Rembuk untuk menghasilkan program konkrit dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten ini.

Penurunan angka stunting itu sendiri diakui untuk mewujudkan masyarakat Gowa yang sehat, cerdas dan kreatif yang dimulai dari 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak. Sehingga mampu bersama-sama bersatu membangun Gowa lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang.

Kabupaten Gowa sendiri pada tahun 2020 prevalensi stunting sebesar 6,26 persen dan berhasil meraih peringkat pertama di Sulawesi Selatan sebagai daerah yang melakukan percepatan penurunan angka stunting.

gowa

 

Meski demikian Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, terus berkomitmen menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa.

"Kita mau dengan dilakukannya rembuk ini ada persamaan persepsi, khususnya membuat program nyata agar bisa melihat stunting di Gowa menurun bahkan menghilang," tegas Adnan. 

Lebih lanjut, dirinya menegaskan jika permasalahan stunting bisa diselesaikan dengan kolaborasi dan kerjasama dari seluruh pihak. Sebab dalam hal ini Presiden Joko Widodo telah menargetkan angka prevalensi stunting nasional berada di angka 14 persen pada tahun 2024, dimana angka prevalensi stunting nasional pada tahun 2019 lalu sebesar 27, 6 persen. Sehingga harus terdapat penurunan minimal 50 persen dalam lima tahun.

Untuk itu Bupati Adnan berharap tercipta sinergi dalam program konkrit penurunan angka stunting. Dan diakuinya jika program yang efektif dan efisien di masing-masing instandi menjadi faktor kunci keberhasilan dalam penurunan angka stunting.

"Perhatian yang serius dari seluruh pihak sangat dibutuhkan seperti upaya konvergensi dan sinergitas melalui program dan kegiatan yang efektif dan efisien di masing-masing instansi menjadi salah satu faktor kunci agar pertumbuhan fisik maupun perkembangan kemampuan kognitif dan intelektual anak bertumbuh dengan baik," harapnya. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar