Menlu Armenia Mundur dari Jabatannya, Kemungkinan Akibat Ketegangan Armenia-Azerbaijan

Jumat, 28 Mei 2021 07:28 WIB

Share
Menteri Luar Negeri (Menlu) Armenia Ara Ayvazyan.
Menteri Luar Negeri (Menlu) Armenia Ara Ayvazyan.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Armenia Ara Ayvazyan dikabarkan mengajukan pengunduran diri pada Kamis (27/5/2021) waktu setempat.

Alasan mundurnya Ara dari kabinet Armenia belum diketahui. Pengunduran diri Menlu yang menjabat pada 18 November tahun lalu itu dibenarkan Juru bicara Kementerian Luar Negeri Armenia, Anna Nagdalyan.

Melansir Asosiated Press, kemungkinan penyebab kemunduran Menlu Ara karena hubungan kurang baik Armenia dan Azerbaijan.

Seperti diketahui, hubungan antara dua bekas republik Soviet, Armenia dan Azerbaijan, telah tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, juga dikenal sebagai Karabakh Atas, sebuah wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Tahun lalu, konflik meningkat lagi dan berlangsung enam pekan. Ketegangan berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia pada 10 November.

Selama waktu itu, Azerbaijan membebaskan beberapa kota strategis dan hampir 300 permukiman dan desanya dari hampir tiga dekade pendudukan Armenia.

Gencatan senjata 10 November dipandang sebagai kemenangan Azerbaijan dan kekalahan Armenia.

Angkatan bersenjata Armenia mundur sejalan dengan kesepakatan. Sebuah pusat gabungan pasukan Turki-Rusia didirikan untuk memantau gencatan senjata. Pasukan penjaga perdamaian Rusia juga telah dikerahkan di wilayah tersebut.

 

 

Editor: M Azzam Fatih
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler