Raih Skor 96,6 Persen, PKK Gowa Raih Juara Pertama Penurunan Angka Stunting di Sulsel 

Rabu, 2 Juni 2021 20:28 WIB

Share
Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan.
Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID – Video kampanye penurunan angka stunting Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa meraih juara pertama tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

TP PKK Gowa berhasil keluar sebagai juara dengan Raihan skor 96,6 persen dan mengalahkan 24 kabupaten kota lainnya di Sulsel.

Pengumuman dan penyerahan hadiah dilangsungkan bersamaan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ke-49 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, Rabu (2/6/2021). 

"Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan juara pertama lomba video kegiatan penurunan angka stunting,” kata Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan.

Priska menyebut, sebelumnya timnya mengajukan perencanaan dalam penanganan stunting dengan nilai Rp100 juta yang diaktualisasikan dalam bentuk penanaman 10 ribu kelor di Pallangga.

“Video ini dibuat berdasarkan apa yang telah kita lakukan dengan menjelaskan usaha-usaha Gowa dalam penanganan stunting," lanjutnya. 

Video tersebut lanjut Priska, menjelaskan berbagai langkah yang telah dilakukan mulai dari pelatihan kader, pembenahan posyandu, pengaruh pola asuh terhadap kesehatan anak dan bayi 1000 HPK gizi selama masa kehamilan, menyusui dan MP Asi. 

"Tantangan kita kedepannya adalah mencetak generasi emas dan itu tidak bisa dipenuhi jika gizi anak masih kurang,” tukas istri Bupati Gowa itu.

“Nah salah satu cara yang kita lakukan adalah kita buat kampanye pemberian ASI ekslusif kepada bayi karena pemberian asi kepada bayi 61 persen berisiko bebas stunting. Kita edukasi terus menurus kepada ibu hamil terlebih sekarang kebanyakan yang lebih memilih susu formula," tutupnya.

Berdasarkan data, saat ini angka stunting Balita di Kabupaten Gowa berada di angka 6,10 persen per Februari 2021 lalu atau mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2019 36,90 persen, dan 2020 6,26 persen.  

Halaman
Editor: M Azzam Fatih
Contributor: Asyhar
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar