Sejarah WhatsApp dan Perkembangannya Dari Masa ke Masa
Sabtu, 12 Juni 2021 13:59 WIB
Share
Ilustrasi WhatsApp (Int)

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID - Aplikasi WhatsApp telah berjalan lebih dari 10 tahun. Aplikasi ini sangat digemari masyarakat dunia lantaran kemudahan dan kenyamanan penggunaannya.

Ditambah lagi tidak mengandung iklan, permainan, dan gimik lainnya yang konsisten sejak awal diluncurkan hingga saat ini.

Hadirnya WhatsApp secara perlahan menggeser dominasi presedennya, yakni layanan pesan singkat (SMS) dan pesan instan Blackberry Messenger dan Yahoo Messenger. 

Menilik sejarah dan perkembangan WhatsApp cukup unik.

Aplikasi WhatsApp tidak dikembangkan oleh para mahasiswa yang drop out dari kampus dan mencari pendanaan ke raksasa teknologi seperti Facebook dan Google.

WhatsApp dibuat oleh dua orang karyawan yang bekerja di perusahaan teknologi ternama.

Sejarah Lahirnya WhatsApp

WhatsApp dikonsepkan dan didirikan oleh dua orang yakni Jan Koum dan Brian Acton pada 2009. Keduanya tercatat pernah bekerja di perusahaan teknologi raksasa Yahoo selama 20 tahun.

Keinginan menciptakan sebuah aplikasi telekomunikasi muncul setelah Jan Koum menyadari potensi besar dari industri aplikasi App Store yang kala itu baru berumur beberapa bulan.

Konsep awal Jan Koum sederhana. Awalnya ia ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan status di sebelah nama individu pengguna, melansir Feedough.

Halaman
1 2 3 4 5 6 7
Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: CNN Indonesia