Jerman Memulai Program Pelatihan Imam

Selasa, 15 Juni 2021 13:12 WIB

Share
Muslimah Jerman.
Muslimah Jerman.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID -- Jerman memulai program pelatihan imam, Senin (14/6/2021). Program ini merupakan yang pertama diluncurkan oleh negara tersebut.

Menurut Deutsche Welle Turkish, program tersebut diadakan dalam rangka mengurangi pengaruh asing di antara sebanyak 4,7 juta penduduk Muslimnya. 

Pada periode pertama program sekolah Islam (Islamcollege) yang didukung pemerintah itu, ada pendidikan dua tahun yang diberikan kepada 20 calon imam pria dan wanita.

Materi pelajaran yang diberikan mencakup penyampaian khutbah, pendidikan politik, serta layanan sosial dan spiritual bagi komunitas Muslim. 

Jerman sejak lama telah berupaya memutuskan hubungan kelembagaan dan keuangan antara komunitas Muslim setempat.

Pemerintah berupaya membuat Muslim Jerman mengembangkan Islam versi mereka sendiri. Jerman begitu khawatir akan pengaruh salah satu organisasi Islam terbesar di Jerman, Persatuan Islam-Turki untuk Urusan Agama (DITIB).

Lembaga pemerintah Turki ini mempekerjakan lebih dari 1.000 pengurus keagamaan di Jerman di 1.000 masjid di seluruh Jerman.

Para pejabat Jerman telah menyuarakan keprihatinan tentang pengaruh yang diberikan organisasi itu pada komunitas Muslim Turki di Jerman yang berjumlah sekitar tiga juta.

Mantan presiden Jerman Christian Wulff yang berada di dewan penasihat Islam College, mengatakan pelatihan tersebut merupakan langkah signifikan dalam hal mengirimkan sinyal kepada umat Islam Jerman tentang pengakuan dan kesetaraan mereka.

Dia mengaku optimistis dengan penerimaan imam didikan lokal tersebut.

Halaman
Editor: M Azzam Fatih
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler