Bintang Raksasa Berprilaku Aneh Ditemukan di Pusat Galaksi Bima Sakti

Kamis, 17 Juni 2021 13:49 WIB

Share
Ilustrasi bintang (Int)
Ilustrasi bintang (Int)

POSKOTASULSEL.CO.ID - Sebuah bintang raksasa bernama VVV-WIT-08 ditemukan di dalam pusat galaksi Bima Sakti. Bintang ini berjarak 25 ribu tahun cahaya dari Bumi. 

Anehnya VVV-WIT-08 ini berkedip-kedip hingga menghilang saat diamati.

Perilaku ini cukup aneh sebab adanya bintang meredup dan kemudian terus terang secara terus menerus. Menurut para ilmuwan, VVV-WIT-08 merupakan jenis bintang baru.

Diketahui VVV-WIT-08 berukuran ratusan kali lebih besar dari Matahari. Kemungkinan bintang ini berkedip, karena terdapat benda luar angkasa lain seperti bintang atau planet lain, dikutip CNN, Kamis (17/6/2021).

Profesor University of Hertfordshire dan salah satu ilmuwan, Philip Lucas yang mengamati menyebutkan belum mengetahui kenapa ada bintang berkedip raksasa tersebut.

"Terkadang kami menemukan bintang yang tidak cocok dengan kategori yang sudah ada, sehingga kami menyebutnya sebagai 'obyek apa ini'. Kami sungguh tidak tahu bagaimana terjadinya bintang berkedip raksasa itu," kata dia.

Penelitian selanjutnya nanti akan para ilmuwan akan mencoba mencari bintang berkedip sejenis. Selain itu, akan berupaya menentukan obyek yang membuat VVV-WIT-08 berkedip.

Peneliti dari Univeristy of Cambridge, Leigh Smith mengatakan tantangannya adalah menentukan obyek itu. Serta bagaimana obyek dapat mempengaruhi bintang.

"Pasti masih ada yang ditemukan lagi, namun tantangannya sekarang adalah menentukan apa obyek itu dan bagaimana bisa mempengaruhi bintang. Meski orbitnya jauh dari bintang tersebut," kata Leigh Smith.

Lokasi tempat VVV-WIT-08 berada, Pusat Galaksi Bima Sakti adalah tempat yang padat. Sejumlah penghuni berukuran besar juga hiudp di sana. Mulai dari Lubang Hitam raksasa, klaster super bintang, hingga gas.

Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler