Terbentur Aturan, Rodrigue Duterte Siap Turun Kasta Jadi Wapres di Pemilu Filipina

Jumat, 18 Juni 2021 00:07 WIB

Share
Presiden Filipina Rodrigue Duterte.
Presiden Filipina Rodrigue Duterte.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID -- Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberi sinyal akan mengikuti pemilihan umum tahun depan meskipun sebagai wakil presiden.

Aturan di Filipina tak memungkinkan presiden menjabat dua periode, melainkan hanya satu untuk masa jabatan 6 tahun. Pemerintahan Duterte akan berakhir pada Juni 2022.

Dia menyebut desakan agar maju sebagai wakil presiden dari partai berkuasa, PDP-Laban, sebagai ide yang bagus.

Menurut Duterte, dia terpanggil untuk maju lagi karena ada urusan yang belum selesai, termasuk perang melawan narkoba di Filipina.

"Ada banyak orang mendorong saya untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Itu ide yang bagus, terutama jika kita berbicara tentang masalah narkoba. Saya mengkhawatirkan generasi mendatang," kata Duterte, dalam pidatonya, Rabu (16/6/2021), seperti dilaporkan Reuters.

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mendapat izin untuk menggelar penyelidikan atas kematian ribuan orang dalam perang melawan narkoba selama pemerintahan Duterte.

Juru bicara kepresidenan Harry Roque mengatakan, Duterte tidak akan bekerja sama dengan ICC karena Filipina sudah menarik keanggotaan dari ICC.

Statuta Roma yang menjadi dasar pembentukan ICC memberikan yurisdiksi untuk menyelidiki kejahatan yang dilakukan di sebuah negara selama dia menjadi anggota.

Rumor yang berkembang Duterte ingin tetap berkuasa dan siap menjadi pendamping presiden. Pemilihan umum presiden dan wakil presiden di Filipina digelar terpisah.

Meskipun namanya terseret dalam tuduhan pelanggaran HAM, popularitas Duterte tetap tinggi. Hasil polling menunjukkan Duterte masih diminati menjadi pemimpin Filipina.

Halaman
Editor: M Azzam Fatih
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler