Wow! Berlian Terbesar Ketiga di Dunia Ditemukan

Jumat, 18 Juni 2021 16:33 WIB

Share

AFRIKA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Penambang di Botswana telah menemukan berlian 1.098 karat yang menakjubkan yang mungkin merupakan berlian terbesar ketiga di dunia. Permata raksasa itu ditemukan 1 Juni di tambang Jwaneng di Botswana Selatan, yang dianggap sebagai tambang paling berharga di dunia. 

Seorang juru bicara perusahaan pertambangan Debswana, salah satu perusahaan patungan antara perusahaan De Beers dengan pemerintah Botswana mengatakan bahwa batu pertama yang besar itu adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah perusahaan selama 5 dekade. 

Botswana juga merupakan produsen berlian terkemuka di Afrika, dan juga adalah rumah bagi tambang di mana berlian terbesar kedua di dunia. Berlian terbesar di dunia yang disebut Cullinan ini berukuran 3.106 karat ketika ditemukan di Afrika Selatan pada 1905. 

Pada 1908, permata titanic dipotong menjadi sekitar 100 bagian, dengan bongkahan 530 karat terbesar dikirim ke London, dimana ia menghiasi puncak Kerajaan Sovereign inggris. 

Batu baru akan dinilai dalam beberapa minggu mendatang, di mana perusahaan perdagangan berlian milik Botswana dapat memutuskan apakah akan membelinjya dari Debswana atau membiarkan De Beers menjualnya. 

Editor: Arika
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler