Bikandoang, Gorengan Khas Sulawesi Selatan Favorit Semua Kalangan

Selasa, 22 Juni 2021 23:57 WIB

Share
Bikandoang, Gorengan Khas Sulawesi Selatan Favorit Semua Kalangan
Dianto, penikmat Bikandoang sedang memperlihatkan hasil masakannya.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID --Salah satu gorengan favorit warga kota Makassar selain jalangkote adalah bikang doang.

Bisa dibilang bikang doang sama dengan bakwan udang pada umumnya. Tapi dalam penyajiannya bikang doang selalu dinikmati bersama sambal cair, selain dengan cabai rawit.

Rasanya yang gurih dan renyah dipadukan dengan sambal cair yang pedas dan sedikit asam akan menambah kelezatannya. Buat kamu yang ingin mencoba untuk membuat bikang doang yang crispy, langsung saja simak resep di bawah ini!

Bahan-bahan :

-250 gr tepung terigu
-2 sdm tepung beras
-200 gr udang
-5 lembar daun kol (iris halus)
-2 buah wortel (potong korek)
-1 genggam taoge
-1 butir telur (kocok)
-1 batang daun bawang (iris halus)
-2 batang seledri (iris halus)
-1/2 sdt kaldu bubuk
-1 sdt merica bubuk
-Air secukupnya
-Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

​​​-5 butir bawang merah
-3 siung bawanng putih
-1 sdm garam

Cara Membuat :

1. Buat adonan dengan mencampurkan tepung terigu, tepung beras, kaldu bubuk, merica bubuk, telur, dan bumbu halus. Lalu, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga seluruh bahan tercampur dengan rata.
2. Masukkan daun kol, wortel, taoge, daun bawang, dan seledri. Aduk kembali hingga seluruh bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kental.  
3. Agar bisa menghasilkan bikang doang yang renyah, panaskan minyak goreng dengan jumlah yang cukup banyak menggunakan api sedang. Gunakan cetakan bakwan dengan merendam cetakan di minyak goreng hingga panas lebih dulu, angkat cetakan, lalu tuangkan adonan bikang doang. Kemudian, beri satu ekor udang di atasnya.
4. Masukkan dalam minyak panas, biarkan hingga pinggirannya kering serta adonan bisa terlepas. Lepaskan adonan bikang doang dari cetakan. Goreng bikang doang hingga matang dan kecokelatan.

Kamu juga bisa menambahkan tepung maizena cukup dua sendok saja pada adonan untuk hasil yang lebih renyah tahan lama. Bagi kamu yang gak punya cetakan bakwan, kamu juga bisa menggunakan centongan besi, cara penggunaannya juga sama. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar