Asrama Haji Siap Digunakan Sebagai Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Rabu, 23 Juni 2021 15:08 WIB

Share
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi

JAKARTA, POSKOTASULSEL.CO.ID – Kasus positif Covid-19 meningkat yang dalam sebulan terakhir, menyebabkan Rumah sakit pun dipenuhi pasien Covid-19 yang melakuukan perawatan dan isolasi. Sehingga Asrama Haji diusulkan untuk digunakan kembali sebagai ruang isolasi pasien Covid-19.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Khoirizi mengatakan Asrama Haji siap digunakan kembali sebagai ruang isolasi pasien Covid-19.

“Tahun 2020, Asrama Haji pernah digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19. Tahun ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas, sudah memberikan izin dan Asrama Haji siap kembali digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19,” ujar Khoirizi, di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Pada tahun 2020, lanjut Khoirizi, Kementerian Agama telah memberikan persetujuan penggunaan asrama haji sebagai pilihan karantina sejak 1 April 2020. Sejak saat itu, sudah ribuan pasien yang menjalani proses karantina di asrama haji.

Terdapat 27 dari 31 asrama haji di seluruh Indonesia yang siap digunakan untuk penanganan pasien. Ada empat asrama yang setelah dilakukan kajian belum bisa digunakan karena berbagai alasan, yaitu: Pontianak, Mamuju, Jayapura, dan Sorong.

Para Kepala Asrama Haji, kata Khoirizi, selama ini berkoordinasi dengan Satuan Tugas Covid-19 di wilayah masing-masing terkait dengan urgensi dan teknis penggunaannya. Asrama Haji Pondok Gede Jakarta misalnya, penyiapannya sudah dilakukan bersama dengan Satgas Covid DKI Jakarta. Bahkan, kesiapannya juga sudah ditinjau oleh Sekda DKI dan Pangdam Jaya. 

“Ada dua gedung di Asrama Haji Pondok Gede yang akan disiapkan sebagai ruang isolasi,” terangnya. 

Lanjut dia, demikian juga dengan Asrama Haji Gorontalo. Kepala asramanya sudah menggelar rapat dengan Satgas setempat. 

“Asrama Haji Gorontalo akan menjadi alternatif ketiga bila ruang isolasi pasien Covid-19 di tingkat provinsi sudah tidak memadai,” katanya.

“Penyiapan asrama haji sebagai ruang isolasi ini menjadi wujud peran aktif Kemenag dalam penangangan Covid-19,” tegasnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler