5 Kue Bugis Makassar dengan Nama Unik yang Terkenal di Luar Sulawesi

Sabtu, 26 Juni 2021 23:46 WIB

Share
5 Kue Bugis Makassar dengan Nama Unik yang Terkenal di Luar Sulawesi

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID--Jangan hanya kenal es pisang ijo saja, ragam kudapan manis khas Sulawesi lainnya juga tak kalah enak. Ada sikaporo hingga putu pese. 

Beberapa kue kue dibawah ini terbilang cukup sederhana bahan baku dan proses pembuatannya. Namun tampilan yang begitu indah nanti unik justru yang menggugah selera untuk segera mencicipi nya. 

1.Sikaporo

Panganan Khas Bugis-Makassar, Sikaporo.

Kue manis yang satu ini biasa terlihat saat momen pernikahan suku Bugis. Bahan utaman untuk membuat sikaporo adalah telur, santan dan gula.

Daun pandan juga biasa ditambahkan dalam kue ini untuk menghasilkan warna hijau sekaligus aroma harum. Kue yang dimasak dengan cara dikukus ini punya tekstur lembut.

2.Katirisala

Kudapan khas Bugis, Katirisala

Masyarakat Bugis-Makassar bangga dengan kue bernama katirisala ini. Kue ini juga jadi kudapan manis yang wajib hadir ketika menggelar pesta pernikahan.

Katirisala terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dibuat berlapis dengan santan yang dimasak bersama gula merah. Kue ini biasanya disajikan sebagai jamuan saat minum kopi atau teh.

3. Sanggara Belanda

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar