Sarabba, Minuman Khas Bugis Makassar yang Khasiatnya Bisa Menjaga Imunitas Tubuh

Senin, 28 Juni 2021 19:45 WIB

Share
Sarabba, Minuman Khas Bugis Makassar yang Khasiatnya Bisa Menjaga Imunitas Tubuh
Minuman khas Bugis - Makassar, Sarabba.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID -- Menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal, adalah hal yang harus kita lakukan saat ini di tengah merebaknya penularan virus corona (Covid-19). Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan minuman kaya gizi.

Beberapa pasti sudah akrab dengan jamu jahe dan kunyit, sebagai ramuan herbal untuk peningkat imunitas. Di daerah Bugis Makassar ada minuman kesehatan andalan masyarakat setempat yang dipercaya bisa membantu tubuh melawan virus, termasuk corona.

Minuman tersebut bernama Sarabba. Merupakan minuman dari rempah yang sejak dulu diyakini sebagai obat stamina dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk membuat sarabba bahannya cukup sederhana dan tidak mahal. Bahan bakunya terdiri dari jahe, serai, bubuk merica, kayu manis, gula merah dan santan.

Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, sediakan bahan rempah-rempahnya yang terdiri dari 200 gram jahe yang telah dimemarkan, 250 gram gula merah yang telah ditumbuk kasar, 1 batang serai yang telah memarkan, 1 batang kecil kayu manis, 1 sendok merica bubuk, garam, 200 ml santan segar, dan 1 liter air.

Kedua, masak 1 liter air di panci hingga mendidih. Ketiga, setelah mendidih, masukkan bahan rempah satu persatu. Diawali memasukkan gula merah kemudian lanjut memasukkan serai, kayu manis, merica bubuk, dan garam secukupnya.

Keempat, jangan lupa mengaduk-aduk seluruh bahan rempah yang telah tercampur tadi hingga rasanya betul-betul menyatu. Setelah itu, masukkan santan. Tunggu hingga 5 menit kemudian angkat panci. Sarabba pun siap diminum.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar