Resep Masak Palekko Ayam,  Masakan Khas Bugis Sidrap Pinrang

Selasa, 29 Juni 2021 19:09 WIB

Share
Resep Masak Palekko Ayam,  Masakan Khas Bugis Sidrap Pinrang
Palekko khas Bugis Sidrap. (Foto: Yanti)

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID --Nasu Palekko adalah salah satu kuliner khas suku Bugis yang terbuat dari Daging Bebek yang dipotong-potong kecil seperti dicincang, atau disebut Daging Bebek Cincang.

Dalam proses pembuatannya, daging bebek yang sudah disembelih dan dikuliti serta dicincang lalu dicuci bersih. Kemudian diberi cuka atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis-nya.

Namun, bagi yang tidak suka makan bebek. Boleh diganti dengan daging ayam. Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap.

Padahal ayam palekko (masakan khas Sidrap) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera yang memakannya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam palekko. Pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya.

Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam palekko yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini cara bahan yang perlu disiapkan dan cara membuat ayam palekko khas Sidrap ala bunda Yanti.

Bahan-bahan yang diperlukan :

​​​​1. Ayam yang mau di olah
2. Asam secukupnya
3. Kunyit secukupnya
4. Garam secukupnya
5. Gula pasir secukupnya
6. Penyedap secukupnya
7. 3 lembar daun jeruk
8  5 sdm minyak goreng
9. Merica secukupnya
10. Bawang goreng utk pelengkap

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar