Riset Astronom Temukan Jawaban Kapan Pertama Kali Bintang Bersinar

Selasa, 29 Juni 2021 14:15 WIB

Share
Teleskop raksasa di Chile dipakai untuk menenukan kapan bintang pertama kali mulai memancarkan sinar.
Teleskop raksasa di Chile dipakai untuk menenukan kapan bintang pertama kali mulai memancarkan sinar.

POSKOTASULSEL.CO.ID - Pertanyaan terkait kapan pertama kali bintang bersinar telah ditemukan jawabannya oleh para astronom.

Hasil riset astronom mengungkap bahwa fenomena yang juga dikenal sebagai "fajar kosmik" tersebut terjadi antara 250 hingga 350 juta tahun setelah Ledakan Dahsyat atau Big Bang.

Kajian tentang kapan tepatnya bintang mulai bersinar sudah lama menjadi fokus penelitian pakar dari University College London, Inggris, Richard Ellis, yang dimuat di jurnal ilmiah The Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Kepada BBC News, Profesor Ellis menjelaskan aspek penting dari kajian ini adalah menelusuri ke belakang, sejauh mungkin, untuk bisa melihat generasi pertama dari bintang dan galaksi.

"Dan sekarang, kita telah mendapatkan bukti pertama yang meyakinkan, soal kapan alam semesta kita ini mulai bercahaya," kata Ellis.

Tim pimpinan Ellis menganalisis enam galaksi paling jauh.

Letak galaksi-galaksi ini begitu jauh, yang membuat penampakan mereka saat dilihat dengan teleskop paling kuat di dunia tak lebih dari beberapa piksel saja di layar komputer.

Mereka juga termasuk galaksi yang paling awal di alam semesta.

Setelah menentukan umur mereka, tim kemudian menghitung awal dari fajar kosmik, yaitu ketika bintang-bintang pertama terbentuk.

Seperti mengintip masa lalu

Halaman
Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: BBC Indonesia
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler