Pemerintah Pusat Pastikan Obat untuk Pasien Covid-19 Tersedia di Puskemas

Senin, 5 Juli 2021 00:18 WIB

Share
Pemerintah Pusat Pastikan Obat untuk Pasien Covid-19 Tersedia di Puskemas

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan obat untuk pasien virus corona (Covid-19) tersedia. Obat akan diberikan oleh puskesmas kepada pasien Covid-19.

"Kalau obat seharusnya kita tersedia dan puskesmas tidak perlu meresepkan," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Siti Nadia Minggu (4/7/2021).

Pemberian obat dari puskesmas membuat pasien isolasi mandiri tak membeli obat secara mandiri. Nadia menyebut puskesmas akan memberikan vitamin untuk pasien isolasi mandiri.

Sementara itu, obat yang digunakan untuk penyembuhan lainnya harus menggunakan pengawasan dokter. Sehingga obat akan diberikan langsung oleh fasilitas kesehatan.

"Obat lainnya itu diberikan atas pengawasan dokter dan diberikan dari puskesmas ataupun rumah sakit," terang Nadia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah menandatangani keputusan Kementerian Kesehatan RI No HK.1.7/Menkes/4826 tahun 2021, tentang harga eceran tertinggi (HET) obat dalam masa Covid-19.

Budi mengatakan, HET obat akan ditetapkan di apotek, isolasi farmasi, rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan yang berlaku di seluruh Indonesia. Terdapat 11 jenis obat yang diatur dalam beleid tersebut.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar