Makan Ceker Ayam Tidak Baik Untuk Kesehatan, Benarkah ?

Kamis, 22 Juli 2021 23:35 WIB

Share
Makan Ceker Ayam Tidak Baik Untuk Kesehatan, Benarkah ?

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID-- Tidak sedikit orang yang gemar makan ceker ayam. Bagian ayam yang satu ini bisa diolah menjadi beragam makanan, mulai dari soto, sop, hingga dimsum. Namun, banyak juga orang yang mengatakan ceker ayam tidak baik untuk kesehatan. 

Ayam merupakan salah satu bahan pangan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan, daging ayam juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Bagian ayam yang umum dikonsumsi adalah dada, paha, atau sayap. Namun, tidak hanya bagian itu, ceker ayam juga kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang memanjakan lidah.

Dalam 100 gram ceker ayam matang terkandung sekitar 215 kalori. Selain itu, ceker ayam juga mengandung aneka nutrisi, seperti:

  • 19,5 gram protein
  • 14,5 gram lemak
  • 90 miligram kalsium
  • 0,9 miligram zat besi
  • 30 mikrogram vitamin A (setara 100 IU)
  • 85 mikrogram folat atau vitamin B9

Ceker ayam juga mengandung fosfor, selenium, zinc, kolin, vitamin B kompleks, dan vitamin K, serta merupakan sumber gelatin dan kolagen yang baik.

Dilihat dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ceker ayam, tentu saja bagian ayam ini baik untuk dikonsumsi. Selain dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harianmu, ceker ayam juga bermanfaat untuk:

1. Menjaga kesehatan kulit

Sekitar 70% dari kandungan protein pada ceker ayam adalah kolagen. Protein ini merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Berbagai riset membuktikan bahwa kolagen baik untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, serta mencegah kerusakan kulit.

Selain itu, kolagen juga baik untuk membantu menghilangkan selulit dan mempercepat penyembuhan luka. Dengan mencukupi asupan kolagen, kulitmu akan menjadi lebih sehat dan awet muda.

2. Mendukung kekuatan dan kesehatan sendi

Selain mampu menjaga kesehatan kulit, kolagen juga berperan penting dalam memelihara kesehatan dan kekuatan sendi-sendi tubuh, termasuk sendi lutut, kaki, tangan, dan pinggul. Tak hanya itu, asupan kolagen yang cukup juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan gejala osteoarthritis, terutama pada lansia.

3. Mencegah pengeroposan tulang

Ceker ayam merupakan sumber protein, kalsium, dan kolagen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Riset menunjukkan bahwa asupan nutrisi tersebut dapat mendukung pembentukan dan kekuatan tulang, serta menurunkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar