Keren! Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Body Lotion, Cegah Covid-19

Jumat, 23 Juli 2021 18:15 WIB

Share
5 mahasiswa Universitas Brawijaya yang berhasil membuat body lotion yang dapat mencegah Covid-19 (Dok/UB)
5 mahasiswa Universitas Brawijaya yang berhasil membuat body lotion yang dapat mencegah Covid-19 (Dok/UB)

MALANG, POSKOTASULSEL.CO.ID - Mahasiswa Universitas Brawijaya ciptakan inovasi baru. 5 orang dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan berhasil membuat body lotion dengan bahan daun kelor dan kulit ikan patin untuk mencegah Covid-19.

5 mahasiswa tersebut adalah Indri Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamilah Zahrotul Jannah, Kevin dan Alfain Homis Fadil yang dibimbing dosen Muhammad Fakhri, S.Pi, M.P, M.Sc.

"Kami membuat body lotion ini karena terinspirasi dari maraknya penggunaan hand sanitizer yang justru menyebabkan dehidrasi pada kulit, sehingga kulit menjadi kering," kata salah seorang anggota tim pembuat body lotion tersebut Indri Dwi Fitria di Malang, Jawa Timur, Jumat, (23/7/2021).

Indri menyebut, body lotion menjadi solusi banyak orang, lantaran manfaatnya untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Namun, penggunaan bahan sintetis, seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan paraben pada body lotion memiliki efek negatif dalam pemakaian jangka panjang dan terbukti dapat beracun serta bersifat karsinogenik.

Indri dan dan rekan-rekannya lantas membuat lotion dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dari daun kelor, serta kolagen dari kulit ikan patin yang dinamai MORISTIN atau singkatan dari Moringa oleifera dan kulit ikan patin.

"Kandungan daun kelor, seperti apilin, epicatechin dan hesperetin memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif angiotensin converting enzyme 2 (ACE2), dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2.," ujarnya.

Indri juga mengatakan kalau kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan sebagai pencegah penuaan dini, mencegah keriput, menambah elastisitas dan melembabkan kulit.

MORISTIN juga berhasil mendapatkan pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan Tahun 2021.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler