Bacaan Doa Qunut dan Artinya Yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 24 Juli 2021 12:08 WIB

Share
Bacaan Doa Qunut dan Artinya Yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID - Membaca doa qunut saat beribadah salat termasuk salah satu amalan sunah muakad yang kedudukannya sangat dianjurkan.

Doa qunut sendiri mengandung beberapa makna. Mulai dari memohon petunjuk, syukur, memohon hidayah, memuji keagungan Allah sekaligus bersholawat atas Rasulullah Muhammad SAW.

Doa qunut biasa dibaca pada rakaat kedua. Tepatnya di antara i'tidal dan sujud. Terkait hal ini, terdapat perbedaan pandangan syariat doa qunut di kalangan ulama. Ini termasuk masalah kilafiyah (perbedaan pendapat) yang kembali kepada keyakinan masing-masing dan tidak perlu diperdebatkan.

Bacaan Doa Qunut Salat Subuh

Doa qunut subuh yang diajarkan Rasulullah SAW terdapat dalam hadis riwayat Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi. Berikut ini bacaannya.

Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan.

Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepadaMu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar