Waspada Efek Obat ini Jika Anda Isoman, Fatal Jika Dikonsumsi

Minggu, 25 Juli 2021 15:05 WIB

Share
Waspada Efek Obat ini Jika Anda Isoman, Fatal Jika Dikonsumsi
Ilustrasi obat oral covid-19

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Banyak beredar secara luas informasi obat-obatan yang dikonsumsi untuk mereka yang terinfeksi Covid-19.

Namun informasi itu tak selamanya benar, lantaran tak sesuai dengan anjuran dokter.

Malahan, jika obat-obatan itu dikonsumsi secara tidak tepat, dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Terutama bagi mereka yang tengah melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah, yang tanpa pengawasan ketat dari petugas medis, sehingga peluang untuk mengonsumsi obat yang tidak tepat bisa lebih besar.

Seperti apa saja obat-obatan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang terjangkit Covid-19 saat isolasi mandiri?

Berikut jenis obat yang harus dihindari pasien Covid-19:

1. Ivermectin

Ivermectin merupakan obat keras yang tidak boleh dibeli secara perseorangan tanpa resep dokter, dan tidak bisa diperjualbelikan tanpa distribusi obat yang baik. Badan POM menegaskan, penggunaa Ivermectin saat ini hanya untuk cacingan dan infeksi cacingan.

2. Antibiotik tanpa resep dokter

WHO mengingatkan untuk tidak melakukan pengobatan sendiri dengan antibiotik. COVID-19 disebabkan oleh virus. Antibiotik tidak berdampak pada virus.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar