PPKM Level 4, Anggota DPR RI Minta Pemerintah Serius Kendalikan Pandemi

Selasa, 27 Juli 2021 07:16 WIB

Share
PPKM Level 4, Anggota DPR RI Minta Pemerintah Serius Kendalikan Pandemi

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Pemerintah diminta untuk melakukan pengendalian terhadap pandemi secara serius.

Diantaranya dengan melakukan testing dan tracing secara masif. Selain itu pemerintah juga harus memastikan jika pasien isolasi mandiri terpenuhi kebutuhannya hingga sembuh.

Hal itu diantaranya diungkapkan Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher.

Menurut Netty, perpanjang PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 di Pulau Jawa dan Bali, harus dibarengi dengan usaha serius dan fokus dari pemerintah.

"Perpanjangan PPKM Level 4 menunjukkan usaha pemerintah  untuk menekan laju persebaran Covid-19. Pemerintah harus fokus dan serius menjalankan PPKM, hindari  prinsip managemen asal bapak senang," kata Netty, Senin 26 Juli 2021.

Ada sejumlah catatan dan PR besar yang disampaikan Netty. Diantaranya terkait testing dan tracing. 

"Pertama, testing dan tracing perlu dilakukan lebih masif. Penurunan kasus per 25 Juli bukan berarti usaha penanganan pandemi telah berhasil, karena angka itu disertai oleh jumlah testing yang juga jauh menurun.”

"Dalam aspek tracing kita juga masih jauh dari standar WHO yang menyarankan tracing minimal 30 orang per 1 kasus positif.”

"Pada Februari 2021 memang menkes menargetkan tracing 30 orang per 1 kasus, namun terus menurun menjadi 15 orang pada PPKM Darurat," paparnya. 

Selain itu Netty tegas meminta pemerintah memperhatikan pasien isolasi mandiri.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar