Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Penipuan dan Bisnis Plasma Konvalesen

Jumat, 30 Juli 2021 23:23 WIB

Share
Ilustrasi donor plasma darah
Ilustrasi donor plasma darah

JAKARTA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam penerimaan informasi perihal donor plasma konvalesen. Apalagi kejadian penipuan terkait donor plasma konvalesen ini sudah terjadi di wilayah Jawa Timur.

"Salah satu diantaranya berhati-hati dalam menerima informasi terkait dengan donor konvalesen. Apalagi sudah ada kejadian di mana ada orang yang menawarkan diri menjadi donor lalu minta sejumlah uang tetapi pada saat jam yang ditentukan yang bersangkutan tidak hadir," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Menurut Saleh di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini perbuatan tersebut sangat mengecawakan dan sangatlah tercela. Kedepannya dia tak ingin ada penipuan seperti donor plasma konvalesen ini terulang kembali.

Lebih jauh Politikus PAN ini mengingatkan kepada masyarakat yang memang membutuhkan pedonor plasma konvalesen untuk lebih waspada dan berhati-hati. Ia menyarankan masyarakat untuk mencari donor plasma di tempat resmi, semisal Palang Merah Indonesia (PMI).

"Kita meminta masyarakan untuk mencari donor konvalesen yang resmi, dalam hal ini bisa melalui PMI," imbaunya.

"Jadi PMI nanti kan bisa diperoleh informasi yang baik terkait calon-calon donor yang akan menyumbangkan darahnya itu. Kalau di PMI saya yakin itu akan tertib, pasti akan valid informasinya," tambah Saleh.

Sebelumnya diketahui, Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur (Jatim), Edi Purwinarto mengatakan pihaknya mendapaktkan sejumlah laporan terkait penipuan hingga bisnis donor plasma darah konvalesen Covid-19. Edi menyebut ada pihak yang menjadikan metode donor konvalesen ini sebagai ajang bisnis hingga penipuan.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler