Pandemi Covid-19 Ancam Perekonomian Indonesia, Fuad Bawazier : Jokowi Tidak Aman

Jumat, 6 Agustus 2021 17:40 WIB

Share
Presiden Joko Widodo memperpajang PPKM Level 4 Jawa Bali.
Presiden Joko Widodo memperpajang PPKM Level 4 Jawa Bali.

JAKARTA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Mantan Menteri Keuangan RI (Menkeu RI), Fuad Bawazier, memprediksi bahwa saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebenarnya dalam posisi yang tidak aman dan terancam lengser apabila pandemi Covid-19 tak kunjung selesai.

Menurut Fuad, pandemi Covid-19 tak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia tetapi juga berbahaya bagi kesehatan perekonomian negara karena bisa saja jika tidak cepat mereka maka akan terjadi krisis moneter yang pernah terjadi 23 tahun lalu.

“Yang harus diwaspadai adalah karena krisis pandemi dan krisis moneter ini adalah serupa tapi tak sama,” tutur Fuad sebagaimana dikutip poskota.co.id pada Kamis (5/8/2021).

Lebih lanjut, Fuad meyakini hal tersebut karena  jika dulu Indonesia berutang ke IMF, sekarang sudah berani berutang melalui SBN atau Surat Berharga Negara maka semakin berpotensi menjadikan krisis apabila tak segera dibayar lunas.

Ketika pandemi Covid-19 ini selesai, utang Indonesia akan sulit dilunaskan bahkan bisa saja semakin membengkak. Fuad mengambil contoh seperti saat krisis moneter dulu di mana pada akhirnya Indonesia malah jadi yang terakhir yang dapat keluar dari krisis tersebut.

Dengan begitu Fuad meyakini bukan tidak mungkin saat ini Indonesia menjadi negara terakhir lagi dalam menangani kasus Covid-19 dan utang negara.

“Dulu saya yakin kita salah policy karena mengikuti IMF. Sekarang saya kira kita salah policy karena sejak awal tidak menerapkan lockdown. Sehingga pandemi ini justru berlarut dan berkepanjangan,” imbuh Fuad.

Fuad menambahkan bahwa seharusnya saat ini seluruh pejabat Bersatu padu untuk bekerjasama dalam menangani pandemi Covid-19 tetapi kenyataannya yang ia lihat justru penanganan pandemi di Indonesia terkesan berbelit sehingga dan para pejabat banyak yang tak satu suara.

Maka dari itu Fuad berharap agar ketidakseragaman itu harusnya bisa segera diselesaikan agar pandemi Covid-19 ini pun bisa segera teratasi dengan baik.

“Kalau ini tidak stabil, ya bukan tidak mungkin (pandemi) berlarut begini. Bukan tidak mungkin pemerintahannya lengser juga nasibnya, melihat pengalaman yang lampau,” ucapnya lebih lanjut.
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler