Lebih dari 200 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa 7,2 SR di Haiti!

Minggu, 15 Agustus 2021 17:49 WIB

Share
Lebih dari 200 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa 7,2 SR di Haiti!
Gempa 7,2 SR mengguncang Haiti.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID - Lebih dari 200 orang tewas usai gempa berkekuatan 7,2 SR yang melanda Haiti pada 14 Agustus, yang mengguncang ibu kota dan juga sebabkan kerusakan yang parah, menurut Survei Geologi AS dan laporan berita. 

Pusat gempa besar itu sekitar 5 mil dari sebuah kota bernama Petit Trou de Nippes, dan sekitar 77 mil dari barat ibukota, Port-au-Prince. Getaran sendiri dapat dirasakan hingga Jamaika, sekitar 2.000 mil. Ini dilaporkan dari The New York Times.

Mengutip CNN, lebih dari 227 orang diperkirakan tewas dalam gempa, dengan satu rumah sakit di Jeremie, sebuah kta di Haiti barat daya, laporkan jumlah pasien yang sangat banyak. Melihat hal itu, salah seorang administrator di Hospital Saint-Antoine memberi komentarnya atas kejadian ini.

"Ada banyak orang yang datang - banyak orang," ungkapnya kepada CNN, mengutip Live Science.

"Persediaan kita tidak cukup." lanjutnya.

Pada 2010, gempa berkekuatan 7,0 melanda ibu kota, telah menewaskan sekitar 200.000 orang dan menghancurkan sebagian besar Port-au-Prince. Butuh waktu bertahun-tahun untuk negara itu untuk bangun kembali usai gempa itu. 

Sekadar informasi, Haiti sendiri berada di dekat perbatasan antara dua lempengan tektonik, lempeng Amerika Utara dan Karibia. Lempeng Amerika Utara pun merayap ke barat di perbatasan sekitar 0,8 inci per tahunnya, menurut USGS. Sebagian besar slip ini diakomodasi oleh jaringan pahatan yang membelah pulau Hispaniola, tempat Haiti berada. 

Gempa saat ini, serta gempat dahsyat tahun 2010, keduanya melanda salah satu patahan selatan di jaringan ini, yang dikenal sebagai Sesar Enriquillo-Plantain Garden. Tetapi, gempa terbaru kemungkinan besar disebabkan slip lateral, di mana satu sisi sesar meluncur melewati sisi lain.

Editor: Arika
Contributor: Mna
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar