Taliban Siap Diskusi dengan 20 Pemeritah Provinsi di Afghanistan

Senin, 23 Agustus 2021 13:16 WIB

Share
Pasukan Taliban telah menguasai Afghanistan.
Pasukan Taliban telah menguasai Afghanistan.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID - Komandan-komandan Taliban dalam beberapa hari mendatang akan mengadakan pertemuan dengan para mantan gubernur dan pejabat di sedikitnya 20 dari 34 provinsi Afghanistan dalam beberapa hari mendatang untuk menjamin keselamatan mereka.

Mengutip Antara, selain itu, pertemuan dilakukan juga dalam upaya agar mereka mau bekerja sama, kata seorang pejabat Taliban, Minggu (22/8/2021).

"Kami tidak memaksa siapa pun mantan pejabat pemerintah untuk bergabung atau membuktikan kesetiaan kepada kami, mereka punya hak untuk pergi dari negara ini kalau mereka mau," kata pejabat itu, yang tidak ingin disebutkan namanya.

Pengambilalihan kendali secara kilat oleh Taliban telah memicu kekhawatiran soal aksi pembalasan, juga bahwa penafsiran hukum Islam yang keras kemungkinan akan diberlakukan lagi oleh kelompok Muslim Sunni itu seperti yang mereka lakukan ketika berada di kursi kekuasaan dua puluh tahun lalu.

Massa di bandara terus bertambah setiap hari sejak pekan lalu. Keadaan itu menghambat operasi yang sedang dijalankan Amerika Serikat dan negara-negara lainnya untuk mengevakuasi ribuan diplomat dan warga sipil mereka, juga warga Afghanistan dalam jumlah besar.

"Kami sedang berusaha mendapat kejelasan yang lengkap soal rencana pasukan asing untuk keluar," kata pejabat Taliban itu, menambahkan.

"Menangani kekacauan di luar bandara Kabul adalah tugas yang rumit," katanya.

Editor: Arika
Contributor: Mna
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler