MDMC Gowa Berikan Peti Jenazah Secara Gratis Bagi Jenazah Muslim Yang Terjangkit Covid-19

Kamis, 26 Agustus 2021 15:05 WIB

Share
Proses pembuatan peti jenazah Covid-19, ist
Proses pembuatan peti jenazah Covid-19, ist

GOWA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Indonesia khususnya Kabupaten Gowa saat ini masih dilanda pandemi Covid 19. Kondisi ini pun membuat berbagai kalangan ikut partisipasi membantu meringankan beban bagi mereka yang terdampak oleh virus mematikan ini.

Seperti yang dilakukan oleh Muhammadiyah Disaster Manajemen Centre atau MDMC Gowa. Komunitas ini memproduksi peti jenazah khusus bagi jenazah muslim yang terjangkit Covid-19.

Ketua MDMC Gowa, Hasanuddin Wiratama M. Nur mengatakan, peti jenazah khsus Covid-19 ini berbeda dengan lain yang disediakan Satgas Covid-19.

Bedanya adalah posisi jenazah ketika di dalam peti. Menurutnya selama ini peti jenazah Covid-19 menghadap ke atas.

"Kalau peti jenazah biasa, posisi jenazah bagi muslim maupun non muslim menghadap ke atas. Kalaupun dimiringkan itu menggunakan bantalan di bagian punggung supaya bisa miring. Sehingga banyak ruang kosong dibelakangnya," kata Hasanuddin kamis (26/8/2021).

Lanjutnya, ketika proses pengantaran jenazah dari Rumah Sakit ke lokasi pemakaman ada peluang jenazah menghadap ke atas atau tertelungkup.

"Atas dasar inilah, kita buat peti jenazah ini. Peti jenazah ini bentuknya lebih ramping dan lebih tinggi. Sehingga ketika jenazah dimasukkan itu langsung miring, tangan kanan berada di bawah, tidak terlalu tinggi sehingga bisa dimasukkan langsung di liang lahat," jelasnya.

Alasan pembuatan peti jenazah Covid-19 ini menurut dia, agar tetap sesuai syariat islam.

Pembuatan peti jenazah dilakukan di Dusun Bontomaero, Desa Maccinibaji, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Peti jenazah ini diperuntukkan bagi ummat muslim yang positif Covid-19, dan keluarga ikhlas jenazahnya dikebumikan sesuai protokol kesehatan.

"Peti ini gratis, dengan perlengkapan jenazah seperti kain kafan, plastik dua lembar untuk membungkus jenazah sebelum dan sesudah dikafani, kantung jenazah, kapas, disinfektan, hand sanitizer dan handskum serta bantuan masker," jelasnya

Halaman
Editor: Baharuddin Arifin
Contributor: Ashyar
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler