Opini M Ramli Rahim: Sekolah Minim Siswa Memang Seharusnya Tak Dapat Dana BOS

Rabu, 8 September 2021 18:53 WIB

Share
Opini M Ramli Rahim: Sekolah Minim Siswa Memang Seharusnya Tak Dapat Dana BOS

ATURAN minimal 60 siswa untuk mendapatkan dana BOS memang sudah seharusnya mendapat dukungan banyak pihak karena sekolah dengan siswa di bawah 60 hampir pasti akan kesulitan membiayai dirinya sendiri termasuk membiaya operasionalnya dengan dana BOS.

Di balik aturan ini, ada tanggung jawab pemerintah. Tanggung jawab pemerintah adalah mengambil alih seluruh sekolah yang siswanya di bawah 60 terutama di daerah terpencil, daerah terdepan, daerah perbatasan, daerah kepulauan, dst.

Masyarakat atau kelompok masyarakat sejatinya tampil terdepan menyelengarakan pendidikan bagi anak bangsa karena ketidakmampuan pemerintah melunasi janji kemerdekaan mencerdasakan kehidupan bangsa terutama dalam penyediaan sekolah.

Di Republik ini masih banyak kecamatan yang tidak memiliki sekolah terutama jenjang SMP dan SMA dan di sinilah masyarakat dan kelompok masyarakat mengambil peran.

 

 

Dengan aturan minimal 60 siswa maka pemerintah sudah sangat yakin bahwa pemerintah siap menyelenggarakan pendidikan di seluruh Indonesia.

Sekolah Swasta Harus Bertransformasi

Jika benar pemerintah telah mampu mengambil seluruh peran penyelenggaraan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia di manapun mereka berada, maka sekolah swasta sudah harus bertransformasi.

Dengan Pola Zonasi dengan kewajiban menjadikan semua sekolah sama baiknya maka sebenarnya yang akan terjadi adalah perlambatan pertumbuhan sekolah-sekolah negeri dan karena itu, inilah kesempatan bagi sekolah non pemerintah tampil lebih baik dari sekolah-sekolah negeri.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar