Bendungan Paselloreng Yang Diresmikan Jokowi Mampu Mengairi Sawah Petani di 6 Kecamatan dan  Mereduksi Banjir Sungai Gilireng

Kamis, 9 September 2021 17:07 WIB

Share
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Kamis (9/9/2021), foto by Biro Pers Kepresidenan
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Kamis (9/9/2021), foto by Biro Pers Kepresidenan

WAJO, POSKOTASULSEL.CO.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Kamis (9/9/2021).

Acara peresmian berlangsung singkat, mulai dari Jokowi memberikan sambutan lalu menekan tuas pintu air dan menandatangani prasasti.

"Hari ini sudah selesai dan sudah siap difungsikan," ujar Jokowi.

Sekedar informasi, bendungan Paselloreng mulai dibangun sejak 2015 silam. Proyek ini dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa dengan menelan anggaran APBN sebesar Rp 793 M.

Dalam peresmian ini, Jokowi sangat menekankan ketahanan pangan nasional.

"(Bendungan Paselloreng) sudah dilengkapi dengan bendung irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional," kata Jokowi.

Dengan diresmikannya bendungan terbesar di kawasan Indonesia bagian timur itu, suplai air untuk petani akan terairi sekitar 8.510 ha.

"Kita tahu ketahanan pangan itu butuh suplai air dan air itu akan ada kalau kita punya banyak bendungan. Bendungan bisa menyuplai air secara kontiniu dan berkelanjutan," sebutnya.

Jokowi juga menyebutkan dengan suplai air yang besar, akan mampu meningkatkan frekuensi tanam petani.

"Dengan meningkatnya produktivitas lahan petani, juga berimplikasi meningkatnya kesejahteraan petani," sebut Jokowi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler