Emir Qatar Desak Pemimpin Dunia Tetap Terlibat dengan Taliban

Rabu, 22 September 2021 15:10 WIB

Share
Emir Qatar Desak Pemimpin Dunia Tetap Terlibat dengan Taliban
Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID  - Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani meminta para pemimpin dunia tetap terlibat dengan Taliban.

Berpidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) di New York pada hari Selasa (21/9/2021), emir menekankan pentingnya dukungan dari komunitas internasional kepada rakyat Afghanistan.

"Penting juga untuk melanjutkan dialog dengan Taliban," kata Sheikh Tamim, dikutip Al Jazeera.

"Memboikot Taliban hanya akan mengarah pada polarisasi dan reaksi, sedangkan dialog bisa bermanfaat," tambahnya.

Sejak penarikan Amerika Serikat dari Afghanistan bulan lalu, Qatar telah membantu mengevakuasi orang asing dan Afghanistan.

Sheikh Tamim mengatakan negaranya melakukan evakuasi dari Afghanistan sebagai tugas kemanusiaan setelah pengambilalihan Taliban.

...

Koresponden diplomatik Al Jazeera James Bays mengatakan Qatar, yang merupakan rumah bagi pangkalan udara AS dan kantor politik Taliban, telah memainkan peran penting di Afghanistan.

Sampai saat ini, belum ada negara yang secara resmi mengakui kenaikan Taliban, meski kelompok tersebut telah mengumumkan pemerintahan barunya awal bulan September.

Editor: Arika
Contributor: Mna
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar