Cerita dan Fakta Dibalik Penemuan Kerangka Manusia Yang Hebohkan Dunia, Ternyata Ada Peran Arkeolog Unhas 

Rabu, 6 Oktober 2021 15:56 WIB

Share
Cerita dan Fakta Dibalik Penemuan Kerangka Manusia Yang Hebohkan Dunia, Ternyata Ada Peran Arkeolog Unhas 
Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu saat meninjau temuan kerangka manusia di Leang Paningnge Maros, foto Ist

MAKASSAR, POSKOTASULSEL.CO.ID - Penemuan kerangka di situs pra sejarah Leang Paningnge, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, menjadi perbincangan masyarakat akademik secara global.  

Penemuan tersebut telah mengubah interpretasi terhadap sejarah evolusi manusia. Berdasarkan hasil penelitian, kerangka tersebut merupakan sosok seorang perempuan berumur sekitar 20-an tahun dan memiliki DNA Denisovan, kerabat dari Ras Austromelanesoid. 

Temuan ini tidak terlepas dari semangat dan kerja keras tim peneliti Universitas Hasanudin (Unhas) yang dipimpin Prof. Akin Duli, guru besar Arkeolog Unhas, yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). 

 

 

Banyak cerita menarik dari proses hingga temuan kerangka yang diperoleh tim Unhas itu. 

Prof Akin menjelaskan penelitian ini dimulai pada tahun 2015, melalui kerja sama awal bersama Universiti Sains Malaysia (USM). 

Awalnya tim peneliti melakukan survei dan penggalian pada lokasi yang ditentukan. Kala itu, Prof. Akin menuturkan, pemilihan lokasi galian dipilih berdasarkan laporan masyarakat yang didukung dengan posisi strategis berupa gua yang diapit sungai. Kondisi demikian biasanya menjadi tempat beraktivitas manusia purba. 

 

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar