Kasus Covid-19 di Amerika Tembus 2,5 Juta Dalam Sepekan, Baiknya Angka Kematian Menurun

Minggu, 2 Januari 2022 12:23 WIB

Share
Kasus Covid-19 di Amerika Tembus 2,5 Juta Dalam Sepekan, Baiknya Angka Kematian Menurun
Ilustrasi

AMERIKA, POSKOTASULSEL.CO.ID - Amerika Serikat pecahkan rekor kasus Covid-19 hingga 2,5 juta kasus dalam sepekan di tengah menyebarnya varian Omicron. 

Namun kabar baiknya, angka kematian justru rendah atau bahkan menurun. “Kematian virus di AS menurun, bahkan ketika kasus Covid-19 meningkat,” kata pejabat kesehatan federal.

 

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Rochelle Walensky mengatakan bahwa pada periode yang sama, angka kematian turun 7 persen menjadi rata-rata 7 hari sekitar 1.100 per hari.

Menurut Ahli Penyakit Menular AS Anthony Fauci, pola dan disparitas antara kasus positif dan rawat inap akan segera terlihat. CDC melaporkan bahwa angka rawat inap naik menjadi rata-rata 9.000 pasien selama tujuh hari, yang notabene hanya setengah dari puncaknya yang tercatat pada Januari.

 

Meningkatnya tingkat kekebalan karena vaksinasi dan infeksi sebelumnya juga dapat memengaruhi tingkat keparahan penyakit. Namun, Fauci mencatat, varian Omicron telah menunjukkan gejala yang jelas bahwa ia memiliki beberapa kemampuan untuk menghindari perlindungan yang diberikan oleh vaksin yang ada.

“Suntikan booster dapat mengembalikan tingkat kekebalan vaksin ke tingkat perlindungan,” katanya seperti dilansir dari Bloomberg, Minggu (2/1/2022).

“Bahkan jika Omicron terbukti kurang berbahaya daripada Delta, banyaknya kasus masih bisa membanjiri rumah sakit,” Fauci memperingatkan.

Omicron menyumbang sekitar 59 persen dari semua kasus virus di AS, menurut perkiraan CDC. Di Boston, tingkat virus Korona yang diukur dalam air limbah melonjak hingga lebih dari empat kali lipat lonjakan musim dingin lalu.

Halaman
Editor: Baharuddin Arifin
Contributor: Rindiani
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar