Berkunjung ke Sulsel, Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi Pameran UMKM

Selasa, 1 Februari 2022 08:18 WIB

Share
Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau salah satu stand UMKM (Foto : Humas Pemprov Sulsel)
Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau salah satu stand UMKM (Foto : Humas Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, SULSEL. POSKOTA.CO.ID - Kunjungan kerja Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Provinsi Sulawesi Selatan membawa manfaat bagi UMKM dari Sulsel. Beberapa produk UMKM kebanggaan Sulsel ditinjau langsung oleh Wapres, didampingi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur, Senin (31/1/2022).

Dalam pameran UMKM itu ditampilkan beragam produk dari berbagai daerah. Mulai dari aksesoris, pakaian hingga produk makanan dan minuman.

 

Seperti UMKM Chalodo dari Luwu Utara dengan produk  permen coklat. Owner Chalodo, Baharuddin Iskandar menyampaikan, antusiasnya mengikuti pameran UMKM yang dihadiri oleh Wapres.

“Produk kami ini mulai tanam, petik, olah dan jual dilakukan oleh petani dari Luwu Utara. Selain coklat, kami juga menampilkan kopi dari Seko. Alhamdulillah, kita mendapat support dan dukungan dari Pemerintah Provinsi, dan kita sudah melakukan penjualan, misalnya di Surabaya bahkan di Arab Saudi. Kita harap adanya support dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan UMKM,” ungkapnya.

 

Selain itu, adapula UMKM dari Wajo. Ialah Koperasi Sutera Sengka. Ia menampilkan beragam hasil produk seperti sarung selendang, kemeja, bahan baji, sarung, dan hijab. UMKM ini dibawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel dan Dinas Perindustrian Sulsel.

Adapula UMKM bernama CV. Coconut Internasional Indonesia dari Makassar. Mereka menampilkan produk-produk andalannya, seperti Teh Nipah yang merupakan minuman kesehatan yang tren di Korea. Selain itu, gula lontar atau palm jaggery, kayu sanrego, dan briket arang tempurung kelapa. 

“Produk Briket arang tempurung kelapa ini kami sudah ekspor hampir semua negara di Timur Tengah serta eropa, seperti Jerman, Inggris, Turki, dan Rusia. Untuk produk gula lontar, kami sementara melengkapi izin untuk ekspor ke Korea,” jelas Dirut CV. Coconut Internasional Indonesia, Asriani.

Menurutnya, capaian itu tak terlepas dari dukungan Pemprov Sulsel. “terutama bagaimana Pemprov mendorong kita untuk naik kelas, seperti  memfasilitasi untuk pameran di Turki. Pemprov mendorong kita untuk Go Internasional,” aku Asriani. 

Halaman
Reporter: Baharuddin Arifin
Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler