Pemkot-Kejari Makassar Akan Hadirkan Restorative Justice House di 15 Kecamatan

Sabtu, 5 Maret 2022 08:25 WIB

Share
Pemkot-Kejari Makassar Akan Hadirkan Restorative Justice House di 15 Kecamatan
Pemkot-Kejari Makassar hadirkan Baruga Adhyaksa Restorative Justice House di Taman Pramuka, Makassar.

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, menghadirkan Baruga Adhyaksa Restorative Justice House.

Fasilitas ini sebagai solusi dari banyaknya konflik di tengah masyarakat modern yang terbengkalai dan tidak terselesaikan.

Tempat ini terletak di kawasan Taman Pramuka, Kecamatan Ujungpandang, Kota Makassar dan dideklarasikan oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Kajari Makassar, Andi Sundari, Jumat 4 Maret 2022.

Restorative Justice House di Taman Pramuka ini sebagai percontohan dan selanjutnya akan dibangun di 14 Kecamatan lainnya di Kota Makassar.

 

 

“Tempat ini hadir untuk Kejaksaan yang dekat dengan rakyat dengan seperti ini akan lebih merakyat. Semua konflik hukum tidak semuanya harus berakhir di pengadilan. Konfliknya berakhir secara legal ini atas inisiasi Kejagung,” kata Danny, sapaan akrab dari Wali Kota Makassar dua periode ini.

Danny pun menugaskan seluruh Camat yang turut hadir agar melakukan pemetaan potensi konflik di wilayah masing-masing agar terciptanya daerah yang aman dan tentram ke depannya.

“Ini bukan proyek namun ini akan menempel di dana Kecamatan buat pembangunannya juga kita menggunakan aset Pemkot besi-besi dan baja bekas yang terbengkalai. Ini waktu pengerjaannya 12 hari,” sebutnya.

Sementara, Kepala Kejari Makassar, Andi Sundari menyebut restoratif justice ini memang menjadi terobosan dalam mekanisme tata cara peradilan pidana berfokus pada pemidanaan yang dijembatani menjadi proses dialog dan mediasi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar