Sulsel Kini Miliki PLTS Hybrid Canggih, Ada di Selayar

Selasa, 19 April 2022 10:36 WIB

Share
Sulsel Kini Miliki PLTS Hybrid Canggih, Ada di Selayar
PLTS Hybrid Selayar resmi beroperasi. (Foto: PLN)

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, kini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Canggih.

PLTS Hybrid Selayar yang berkekuatan 1,3 Mega Wattpeak (Mwp) itu berdiri di lahan seluas 1,46 hektare.

Investasi dari PT PLN (Persero), PT Bakrie Power (anak usaha PT Bakrie Brothers Tbk), PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia, bernilai Rp39,5 miliar. 

Ini sebagai bagian dari komitmen PLN dalam memasuki transisi energi menuju energi hijau, lantaran PLTS ini merupakan merupakan pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT).

 

PLN akan membangun juga akan membangun lgi empat PLTS jenis yang sama di empat Kecamatan di Kabupaten Selayar.

GM PLN Wilayah Sulselbar, Awaluddin Hafid menyebut empat Kecamatan yang akan menjadi lokasi pembangunan PLTS itu yakni Kecamatan Pasilambena, Pasimasunggu, Takabonerate, dan Pasimarannu.

"Kami berharap, di samping memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, PLTS Hybrid ini juga menjadi sarana pendukung kemajuan pariwisata, serta mampu mendorong pembangunan ekonomi masyarakat Kepulauan Selayar, " katanya dalam keterangan resminya Sabtu 16 April 2022.

Sementara itu Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali mengakui jika pembangunan jaringan listrik tenaga surya ini sangat membantu pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat Kepulauan Selayar. 

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar