Pemkab Maros Gelar Upacara Peringatan HKN, Hardiknas dan HBN di Lapangan Pallantikang

Selasa, 17 Mei 2022 12:10 WIB

Share
Pemkab Maros Gelar Upacara Peringatan HKN, Hardiknas dan HBN di Lapangan Pallantikang
Bupati Maros Chaidir Syam pimpin upacara peringatan HKN, Hardiknas dan HBN di Lapangan Pallantikang Pemkab Maros (foto : istimewa)

MAROS, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Pemkab Maros menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Buku Nasional (HBN) di Lapangan Pallantikang Pemkab Maros, Selasa (17/5/2022). Pelaksanaan upacara dipimpin langsung Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, dihadiri Wakil Bupati Hj Suhartina Bohari, Sekertaris Daerah (Sekda) Maros Andi Davied Syamsuddin, serta para pejabat lingkup Pemkab Maros lainnya.

Dalam sambutannya, Chaidir Syam berharap momentum HKN dapat terus memberi sentuhan semangat dan sikap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa, negara dan masyarakat terutama dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, serta berorientasi pada terciptanya masyarakat maros yang sejahtera, religius dan berdaya saing.

 

Membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional terkait peringatan Hardiknas, Chaidir Syam menyampaikan bahwa era pendidikan saat ini sudah bergerak menuju  arah kemerdekaan belajar, dimana para pembelajaran didesak untuk lebih akrab dengan teknologi dan mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan jaman.  

jikalu dulu pendidikan dan pembelajaran berfokus pada ketercapaian kompetensi, penguasaan materi, serta ketuntasan kurikulum, maka era merdeka belajar saat ini arah pembelajaran bergeser kepada pemenuhan kebutuhan siswa demi kemudahan penggapaian cita-citanya.

 

Sementara di momentum peringatan Hari Buku Basional (HBN), Chaidir Syam mengungkapkan kebiasaan membaca buku perlu diterapkan sebagai gaya hidup sejak dini. Chaidir menilai dengan menerapkan kebiasaan membaca sejak dini, akan membuat anak-anak terbiasa membaca saat dewasa nanti, dan kegiatan membaca akan menjadi hal yang wajar dan biasa. 
    
Tentang pentingnya kebiasaan membaca, Bupati Chaidir mengungkapkan sejumlah hasil riset tentang pentingnya kebiasaan membaca. Dia mengatakan secara umum, kegiatan membaca dapat membangun ikatan dalam keluarga, meningkatkan empati, mendorong pertumbuhan otak, dan memperbanyak kosakata yang semua bermuara pada keberhasilan seseorang di masa depan. Kebiasaan membaca juga dapat membangun kemampuan komunikasi dan pengetahuan serta memupuk kecintaan untuk belajar.
    
Juga dikatakan bahwa orang yang gemar membaca memiliki keunggulan secara personal, profesional, maupun sosial. Sementara, orang yang kurang membaca memiliki risiko tinggi mengalami kegagalan. Membaca tidak hanya berkaitan dengan keberhasilan akademik maupun ekonomi, melainkan juga berkorelasi dengan perilaku positif dalam lingkup personal dan sosial.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar