Bupati Maros Lantik Pengurus Forum Kabupaten Sehat

Selasa, 31 Mei 2022 13:27 WIB

Share
Bupati Maros Chaidir Syam saat melantik dan mengukuhkan Pengurus Forum Kabupaten Sehat
Bupati Maros Chaidir Syam saat melantik dan mengukuhkan Pengurus Forum Kabupaten Sehat

MAROS, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Bupati Maros, AS Chaidir Syam, melantik Ketua Tim Penggerak PKK Maros  Hj Ulfiah Nur Yusuf Chaidir sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat, di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Selasa (31/5/2022).

Pelantikan ini juga dirangkaian dengan pengukuhan Pengurus dan Pembina Kabupaten Sehat Periode 2022-2025,

Dalam sambutannya, Chaidir Syam mengatakan, penyelenggaraan Kabupaten Sehat merupakan suatu program dalam mewujudkan kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Dalam proses mewujudkan kabupaten yang sehat, ujar Chaidir, dilakukan berbagai pemberdayaan masyarakat termasuk melalui forum yang difasilitasi pemerintah kabupaten, seperti Forum Kabupaten Sehat.

“Tugas pengurus forum untuk berkolaborasi dalam mencapai target 100 persen desa/kelurahan sudah ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, itu dulu tugas utamanya,” kata Chaidir Syam.

Ia menyebut untuk progres capaian Desa/Kelurahan ODF hingga saat ini baru mencapai 62,14% atau sebanyak 64 Desa/kelurahan.

Dari data tersebut, lanjut Chaidir, masih terdapat warga yang belum menggunakan sanitasi ODF, atau masih buang air besar di sembarang tempat.

“Jadi perlu ada upaya percepatan pencapaian akses sanitasi demi tercapainya ODF, (Stop Buang Air Besar Sembarangan),” ucapnya.

Selain pentingnya ODF, Chaidir Syam, juga menyampaikan beberapa program prioritas lain yang bisa berjalan dengan terbentuknya Forum Kabupaten Sehat ini, seperti percepatan penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu dan anak, serta penurunan prevalensi tuberkulosis.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hj Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, berharap para perangkat daerah terus meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kerjasama bersama Forum Kabupaten Sehat.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler