Prof Adi Maulana Menjadi Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia, Syaratnya Berusia di Bawah 45 Tahun

Minggu, 5 Juni 2022 21:14 WIB

Share
Prof Adi Maulana Menjadi Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia, Syaratnya Berusia di Bawah 45 Tahun
Guru Besar Teknik Geologi Unhas, Prof DR Adi Maulana.

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Guru Besar Teknik Geologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof DR Adi Maulana terpilih menjadi anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan satu-satunya dari luar Jawa untuk periode 2020 - 2024.

Di Unhas hanya ada 4 anggota ALMI dan salah satunya adalah Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, MSc yg juga menjadi Ketua ALMI pertama.

Anggota organisasi Akademi Ilmuwan Muda Indonesia ini diseleksi dari ilmuwan-ilmuwan muda dari seluruh Indonesia dengan kriteria ilmiah yang ketat.

Kandidat dicalonkan oleh anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) yang terdiri dari ilmuwan-ilmuwan senior Indonesia.

 

Adapun Kriteria kandidat yaitu berumur di bawah 45 tahun, mempunyai reputasi ilmiah internasional (H-indeks scopus di atas 6), mempunyai kontribusi nyata sesuai bidang ilmunya kepada masyarakat dan dipilih atau direkomendasikan oleh anggota AIPI dan anggota ALMI melalui pemilihan berdasarkan portofolio pendidikan dan pengalaman ilmiah.

Prof Adi dipilih untuk mewakili Unhas atas dasar kontribusi nyata yang telah dilakukan dalam bidang penelitian dan pengembangan serta peran dalam peningkatan pengetahuan di masyarakat tentang literasi bencana untuk mewujudkan masyarakat tangguh bencana serta pengetahuan tentang pemanfaatan energi terbarukan.

 

“Peran saya menyebarkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu rekayasa terutama bidang kebencanaan dan energi terbarukan. Tugas-tugasnya antara lain melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat terutama dalam meningkatkan literasi atau pengetahuan tentang kebencanaan di masyarakat serta bagaimana pemanfaatan serta pengelolaan energi terbarukan di Indonesia. Kerja sama yang dilakukan baik dengan institusi dalam maupun di luar negeri,” kata Prof Adi.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar