Ini Dua Demo Besar Mahasiswa di Era Orde Lama

Senin, 6 Juni 2022 11:39 WIB

Share
Ini Dua Demo Besar Mahasiswa di Era Orde Lama
Aksi Demonstrasi di era Orde Lama (Foto: Dok. BBC)

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Aksi demonstrasi besar-besaran tidak hanya dilakukan mahasiswa Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Rupanya jauh sebelumnya, di era Orde Lama, aksi demonstrasi juga massif dilakukan.

Di era pemerintah Presiden Soekarno, aksi demonstrasi juga dilakukan mahasiswa. Berikut informasi lengkapnya:

1. Demonstrasi Mahasiswa 1952

17 Oktober 1952, Pemerintahan Presiden Soekarno pernah mendapat protes keras dari masyarakat. Bersamaan dengan itu, demonstrasi besar-besaran pun terjadi di Jakarta. 

 

Dalam aksinya itu, masyarakat menuntut pemerintahan Presiden Soekarno untuk membubarkan parlemen dan menggantinya dengan parlemen baru.

Masyarakat juga menghendaki dilakukannya pemilihan umum. Sebelum bergerak ke Istana Negara, demonstran terlebih dahulu mendatangi gedung parlemen.

Melansir Jurnal Factum bertajuk “Peristiwa 17 Oktober 1925: Tentara Pretorian Moderator dengan Gerakan Anti-Parlemen pada Masa Kabinet Wilopo’, massa yang kala itu berjumlah sekitar 10 ribu orang memenuhi wilayah sekitaran gedung parlemen di Jakarta. Mereka melakukan demonstrasi dan mengangkat poster yang menuntut dibubarkannya parlemen. Hingga akhirnya, mereka sampai ke Istana.

 

Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan. Sementara itu, Presiden Soekarno menyampaikan sebuah pidato yang menyatakan bahwa dirinya tidak dapat membubarkan parlemen. Bahkan, Bung Karno juga tak berniat menjadi diktator. Selesai mendengar pidato Bung Karno yang membara, massa aksi membubarkan diri.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar