Sub-Varian Omicron Masuk Indonesia, Warga Diminta Waspada

Selasa, 14 Juni 2022 07:16 WIB

Share
Sub-Varian Omicron Masuk Indonesia, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron.

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 dikonfirmasi sudah masuk ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 13 Juni 2022.

Menkes pun mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati terhadap Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 tersebut.

“Bapak Presiden juga memberikan arahan ke kami bahwa lebih baik kita waspada, lebih baik kita berhati-hati. Karena kewaspadaan kita, konservatifnya kita, kehati-hatian kita, sudah memberikan hasil bahwa kondisi penanganan pandemi di Indonesia termasuk yang relatif baik dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia,” kata Budi Gunadi Sadikin, Senin 13 Juni 2022.

 

Budi menyampaikan, varian BA.4 dan BA.5 memicu kenaikan kasus di sejumlah negara, tetapi varian tersebut memiliki tingkat kenaikan kasus, hospitalisasi, maupun kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan awal munculnya varian Omicron.

“Hasil pengamatan kami bahwa puncak dari penularan varian BA.4 dan BA.5 ini sekitar sepertiga dari puncak Delta dan Omicron, kasus hospitalisasinya juga sepertiga dari kasus hospitalisasi Delta dan Omicron, sedangkan kasus kematiannya sepersepuluh dari kasus kematian di Delta dan Omicron,” ujarnya.

Ia pun mengonfirmasi adanya delapan kasus subvarian baru Omicron di tanah air.

Satu pasien yang belum memperoleh vaksin booster memiliki gejala sedang dan tujuh pasien lainnya bergejala ringan atau tidak bergejala.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar