Beberapa Website Global Sempat Down, Akibat Server Cloudflare?

Rabu, 22 Juni 2022 11:19 WIB

Share
Beberapa Website Global Sempat Down, Akibat Server Cloudflare?

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Sejumlah situs populer dunia bahkan di Indonesia tidak dapat diakses beberapa saat pada Selasa (21/6). Hal ini disebabkan oleh gangguan pada layanan Cloudflare yang terintegrasi dengan situs mereka.

Cloudflare adalah salah satu penyedia jaringan pengiriman konten atau lebih dikenal CDN (Content Delivery Network) yang terpopuler didunia. Ada banyak situs yang memanfaatkan layanan Cloudflare ini yang membuat situs mereka menjadi lebih cepat dan aman.

Namun tidak memungkinkan, server Cloudflare juga bisa mengalami gangguan yang mengakibatkan situs client tidak dapat diakses seperti Dischord hingga game Valorant.

Melalui sebuah cuitan twit, Cloudflare mengkonfirmasi terkait masalah servernya. "Tim Cloudflare telah mengetahui masalah layanan ini dan akan segera menangani secepatnya," tulis tim Cloudflare melalui akun resmi twitter, Selasa (21/6).

 

 

 

Banyak situs yang menggunakan layanan Cloudflare karena memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya,

- Cloudflare dapat menyembunyikan IP Address asli dari suatu situs sehingga para hacker akan mengalami kesulitan saat menyerang server.
- Layanan dari Cloudflare membuat web cache sehingga sumber daya untuk memuat situs dapat lebih cepat dan beban dari server menjadi berkurang.
- Cloudflare memberikan perlindungan yang optimal atas semua serangan DDoS dengan cara mengubah aspek web security.
- Jika server hosting dari pihak client yang mengalami down, layanan Cloudflare akan terus membuat cached data hingga situs client dapat normal kembali.
- Terdapat pilihan layanan gratis pada Cloudflare. Meskipun gratis, namun fitur yang ditawarkan pada layanan tersebut sudah optimal digunakan pada situs client.

Kekurangan Cloudflare,

Halaman
1 2
Reporter: Ansharil
Editor: Ansharil
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar