Buntut SKL Santriwati Ditahan Ponpes Al-Ikhlash, Disdikbud Polman Akan Bertindak

Jumat, 24 Juni 2022 11:09 WIB

Share
Buntut SKL Santriwati Ditahan Ponpes Al-Ikhlash, Disdikbud Polman Akan Bertindak
Kabid Pendidikan dan Pengajaran Disdikbud Polman, Nurman AN.

POLMAN, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Surat Keterangan Lulus (SKL) seorang santriwati di Pondok Pesantren Al-Ikhlash, Lampoko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ditahan pihak Ponpes.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polewali Mandar, Nurman AN menyayangkan tindakan Pondok Pesantren Al-Ikhlash itu.

Menurutnya tindakan tersebut dinilai fatal, lantaran penahanan SKL bisa membuat Santri tersebut terancam tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA.

"Kita sangat menyayangkan kenapa bisa ditahan, saya mauku jangan ditahan. Nanti diijazahnya karena yang diminta kan cuma SKL yang digunakan untuk mendaftar," kata Nurman AN saat ditemui di ruangannya Disdikbud Polman, Kamis 23 Juni 2022.

 

Ia menjelaskan jika tidak ada aturan sekolah untuk menahan SKL baik SD maupun SMP, justru menurutnya bagaimana pihak sekolah harus membantu alumninya melanjutkan pendidikannya, karena Surat Keterangan Lulus itu digunakan siswa mendaftar, setelah itu SKL tidak berlaku lagi ketika Ijazah sudah terbit.

"Itu sangat disayangkan dan tidak bisa ditoleran yang begituan. Justru bagaimana kita di sekolah ini cepat dan berupaya agar anak itu bisa mendaftar dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi lagi," ujarnya.

Menurutnya ada Miskomunikasi antara orang tua dengan pihak Pondok, harusnya komunikasi dibangun dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Sebenarnya ini miskomunikasi saja, seharusnya itu pihak pondok komunikasi dengan orangtuanya, atau orangtuanya ini anak (RF) komunikasi ke pihak Pondok," ujarnya.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar